Gandrung

(Panggilan Jiwa yang Menari)

Gandrung yang berarti ‘tergila-gila’ atau ‘cinta habis-habisan’ dalam bahasa Jawa. Kesenian ini melibatkan seorang wanita penari profesional yang menari bersama-sama tamu (terutama pria) dengan iringan musik (gamelan).

Bentuk kesenian yang didominasi tarian dengan orkestrasi khas ini populer di wilayah Banyuwangi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, dan menjadi ciri khas dari wilayah tersebut. Gandrung sering dipentaskan pada berbagai acara, seperti perkawinan, pethik laut, khitanan, tujuh belasan dan acara-acara resmi maupun tak resmi lainnya baik di Banyuwangi maupun wilayah lainnya. Menurut kebiasaan, pertunjukan lengkapnya dimulai sejak sekitar pukul 21.00 dan berakhir hingga menjelang subuh (sekitar pukul 04.00).

Dalam pertunjukan Gandrung asli terbagi atas tiga bagian:

  • jejer
  • maju atau ngibing
  • seblang subuh

Dalam perkembangan terakhir Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mulai mewajibkan setiap siswanya dari SD hingga SMA untuk mengikuti ekstrakurikuler kesenian Banyuwangi. Salah satu di antaranya diwajibkan mempelajari tari Jejer yang merupakan sempalan dari pertunjukan gandrung Banyuwangi. Itu merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah setempat terhadap seni budaya lokal yang mulai terdesak .

Analisis :

· Keindahan

Dalam tarian ini terdapat unsur keindahan, baik dari segi busana maupun gerakannya.

· Penderitaan

Beberapa masyarakat ada yang menganggap remeh (bahkan merendahkan) pekerjaan penari Gandrung. Meskipun demikian, penari Gandrung ini tetap bertahan dalam mempertahankan tarian tersebut .

· Tanggung jawab

Untuk mempertahankan tari Gandrung ini,bukan Pemerintah saja yang bertanggung jawab untuk melestarikan tarian ini. Namun, masyarkat Jawa juga harus ikut berpartisipasi .

· Harapan

Para penari Gandrung berharap seni tari ini bisa terus bertahan di tengah arus globalisasi.

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Gandrung_Banyuwangi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: