Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, provinsi Sumatra Barat. Alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang. Alat ini termasuk dari golongan alat musik suling, tapi lebih sederhana pembuatannya. Hingga kini kelompok-kelompok musik saluang yang ada di Minangkabau, masih setia memberikan hiburan di pesta perkawinan ataupun di hajatan lainnya.

Keutamaan para pemain saluang ini adalah dapat memainkan saluang dengan meniup dan menarik napas bersamaan, sehingga peniup saluang dapat memainkan alat musik itu dari awal dari akhir lagu tanpa putus. Biasanya, pemain saluang ini menjadi pengiring pantun dalam acara-acara adat Minangkabau.

Dalam film Saluang Dendang (Kasih Tak Sampai), menceritakan tentang kisah dua pasang kekasih yang saling mencintai. Namun hubungan mereka berdua tidak direstui oleh kedua orang tua sang wanita, karena mereka menganggap sang pria tidak sederajat dengan mereka. Pekerjaannya sebagai peniup Saluang membuat orang tua sang wanita, menggapnya tidak layak menjadi bagian dari keluarganya. Akhirnya sang pria bertekad untuk merantau dan memperbaiki keadaannya kelak dan meminang sang kekasih.

Analisis :

Dalam cerita saluang ini, kita menemukan harapan dari sang pria untuk memperbaiki kehidupannya dan segera meminang sang kekasih setelah ia berhasil kelak. Tekad ini juga muncul karena kekuatan cinta mereka berdua untuk tetap bisa bersama. Kalau kita lihat dari segi keindahan. Kita akan menemukannya ketika mendengarkan bunyi Saluang ini, kita bisa ikut merasakan perasaan sang peniup saluang, sedih, kecewa, bahkan bahagia. Akibat larangan orang tua sang wanita, sang pria tidak boleh bertemu dengan sang kekasihnya, tetapi penderitaan yang dia alami menjadikannya merasa bertanggung jawab bekerja keras untuk meminang sang kekasih .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: