Budaya Indonesia di Dunia Internasional

Negara Indonesia mempunyai banyak keragaman, baik dari adat-istiadat, bahasa daerah, suku, tarian, dan lain sebagainya. Namun perlu kita ketahui bahwa pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India dan kebudayaan Arab. Keaneka ragaman ini terjadi karena banyaknya pulau di Indonesia yang mencapai lebih dari 17.000 pulau. Jadi tidak heran lagi kalau seandainya masih ada suku yang belum kita kenal.

Dari berbagai macam khas kebudayaan Indonesia ,banyak yang sudah diakui oleh dunia Internasional, 2 diantaranya adalah :

  • Batik

Batik adalah salah satu kebudayaan Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO (United Nations Educational Scientific Cultural Organization) pada tanggal 2 Oktober 2009 dan menjadi warisan dunia.

  • Kolintang

Kolintang adalah alat musik traditional dari Sulawasi Utara. Musik ini sekarang tercatat dalam buku rekor dunia, The Guinnes Book World of Records(GWR), karena telah dimainkan oleh 1.223orang pada tanggal 31 Oktober 2009 di Stadion Maesa, Tondano, Sulawesi Utara.

Setelah kita lihat dan dengar, sekarang kita harus sadar untuk tetap melestarikan kebudayaan kita. Jangan sampai pengakuan yang sudah kita dapat,direbut oleh Negara lain. Kalau selama ini kita mempermasalahkan pengakuan dari dunia, sekarang yang kita butuhkan adalah usaha untuk melestarikan dan mempertahankannya. Bila kebudayaan kita terus dikembangkan, maka kita akan merasakan dampak yang sangat positive bagi perkembangan industri-pariwisata di Negara kita. Penting juga untuk kita mempelajari

Sejarah perjalanan Seni Budaya di Indonesia agar tetap terus dikenal, diperlihatkan dan dipraktekkan oleh generasi penerus.

Kita semua berharap dan mendukung, agar institusi pendidikan di Indonesia semakin peduli dan memasukkan Seni Budaya Indonesia pada kurikulumnya bukan sekedar teori namun prakteknya juga. Penting untuk pemerintah daerah mengadakan lomba kreativitas anak bangsa dalam menumbuhkan kembangkan kecintaan anak bangsa terhadap kebudayaan daerahnya sendiri atau bahkan antar kebudayaaan daerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: