Kreatifitas Keberbakatan

1. Menurut anda mengapa kreativitas begitu bermakna dalam hidup ?

Kreativitas adalah suatu kemampuan dalam menemukan suatu ide-ide atau gagasan atau imajinasi yang menarik, untuk melakukan sesuatu hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain. Contohnya saja seorang pemahat patung. Awalnya, dia hanya ingin berkreasi saja lewat imajinasinya meniru bentuk tubuh makhluk hidup, dengan memahat patung. Akan tetapi, tanpa disadari hasil karyanya membuat orang yang melihat berdecak kagum, dan ingin memilikinya. Akhirnya dia berpikir untuk menerima pesanan. Seiring berjalannya waktu, konsumen semakin bertambah dan dia segera membuka lowongan pekerjaan untuk membantunya dalam memahat patung.

Pada akhirnya, kita menyadari begitu bermaknanya suatu kreativitas dalam hidup. Lewat kreativitas kita bisa mendapatkan penghasilan, bahkan dapat membantu orang lain dengan membuka lowongan pekerjaan.

2. Mengapa kreativitas perlu di pupuk sejak dini ?

Karena dengan kreativitas, kehidupan seseorang bisa lebih maju. Semakin dini kita berkreasi, maka pikiran kita pun akan terlatih untuk memikirkan hal-hal/ ide-ide yang kreatif. Terutama untuk anak-anak, sekalipun terkadang mereka mempunyai imajinasi yang konyol dan bahkan di luar kemampuan kita, akan tetapi dengan arahan yang begitu jelas mereka bisa belajar dan mulai mengerti. Dengan begitu, nantinya mereka akan bisa lebih kreatif, yang paling penting adalah kita tidak boleh menertawakan/ meremehkan pendapat mereka. Justru kita harus menghargai pendapat mereka dan memberi pengertian/masukan untuk pendapat mereka.


3. Bagaimana peranan atau strategi 4P untuk anak kreatif ?

Peranan atau strategi 4P (Pribadi, Proses, Pendorong, dan Produk) sangatlah penting untuk perkembangan anak kreatif. Dengan adanya 4P ini, anak-anak semakin terdorong/semangat untuk lebih kreatif dalam memunculkan ide-ide baru.


4. Guilford (1967) menyatakan bahwa intelejensi berkaitan dengan berpikir secara konvergen, sedangkan kreativitas adalah berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk berpikir divergen. Bagaimana menurut anda mengenai pernyataan diatas !

Saya sangat setuju dengan pernyataan di atas, karena intelijensi itu adalah pemikiran yang paling tepat dan telah menjalani proses penyaringan/penyeleksian yang lebih focus (konvergen). Sedangkan kreativitas adalah proses pemikiran yang bergerak ke mana-mana dan terus berkembang tanpa menyeleksinya. Intelijensi dan kreativitas ini adalah proses pemikiran yang bertolak belakang, tetapi memiliki keterkaitan erat.


5. Berikan contoh 3 perilaku kreatif yang mencerminkan Teori Freud (psikoanalisis) & Teori Kris (mekanisme pertahanan)!

Teori Freud (psikoanalisis) :

  • Seseorang yang mempunyai keinginan untuk berjalan-jalan, tetapi tidak dapat terwujud dan akhirnya mengasosialisasikannya dengan bermain gitar.
  • Seseorang yang baru mengalami tindakan kekerasan menjadi trauma, dan akhirnya menyibukkan diri dengan hal-hal yang lain, agar melupakan kejadian tersebut.
  • Seseorang yang tidak bisa menari, tetapi menonjolkan kemampuannya yang lain dengan bernyanyi.

Teori Ernest Kris (mekanisme pertahanan) :

menekankan bahwa mekanisme pertahanan regresi seiring memunculkan tindakan kreatif. Orang yang paling kreatif menurut teori ini adalah, mereka yang mampu “memanggil” bahan dari alam pikiran tidak sadar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: