Sahabat

Tiba-tiba terlintas di benakku, apakah arti sahabat yang sesungguhnya? Banyak yang mengatakan sahabat adalah orang atau teman yang paling dipercaya, yang bisa diajak cerita tentang masalah kita, yang ada di saat kita butuh atau bahkan saat kita tidak butuhpun sahabat ada disamping kita untuk menemani kita. Seorang sahabat sejati sulit sekali untuk kita temui. Teman yang sudah lama kita kenal bahkan yang sangat kita percayai sekalipun pasti pernah mengecewakan kita. Tapi yang namanya manusia tak akan pernah sempurna, dan tak selalu bisa menjadi apa yang kita inginkan.

Persahabatan membutuhkan proses yang panjang untuk dapat saling mengenal dan memahami satu sama lain. Suka dan duka pasti pernah dirasakan setiap orang. Di situlah makna seorang sahabat terlihat. Namun, pasti ada saatnya seseorang tak bisa menampung keluhan sahabatnya karena keterbatasannya. Sangat manusiawi bukan, tapi kenapa kita juga memaksakan mereka untuk selalu mengerti kita? Inilah yang menjadi masalah, pengertian seorang sahabat menjadi diragukan. Penilaian seseorang akan menjadi negative saat emosi sedang tidak stabil. Nah, kalau ini terjadi apa yang sebaiknya kita lakukan? Sebaiknya yang kita lakukan adalah, jangan terlalu banyak bertindak dan berbicara saat keadaan emosi tidak stabil. Biarkan keadaan menjadi dingin kembali, lalu bicarakan masalahnya dengan tenang. Kebanyakan yang terjadi, persahabatan menjadi hancur karena perkataan yang keluar pada saat emosi.

Dalam setiap menjalin hubungan, termasuk hubungan persahabatan. Komunikasi merupakan salah satu hal yang terpenting untuk dijaga. Saya sangat merasakan komunikasi itu penting, ketika saya kehilangan kabar dari sahabat saya. Seperti ada kata pepatah “sesuatu akan menjadi lebih berharga, setelah kita kehilangannya”.

Ini adalah salah satu lirik lagu yang menggambarkan arti sahabat dari group band nidji-“arti sahabat”

tak mudah untuk kita hadapi,  perbedaan yang berarti
tak mudah untuk kita lewati,  rintangan silih berganti

kau masih berdiri, kita masih di sini
tunjukkan pada dunia  arti sahabat

kau teman sehati,  kita teman sejati
hadapilan dunia, genggam tanganku

tak mudah untuk kita sadari,  saling mendengarkan hati
tak mudah untuk kita pahami,  berbagi rasa di hati

kau adalah..
tempatku membagi kisahku
kau sempurna
jadi bagian hidupku
apapun kekuranganmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: