Review Film “Burning Season”

Cachoeira, demikian orang menyebut daerah yang berpusat di Xapuri, Brazil ini. Penduduknya kebanyakan bermata pencaharian sebagai penyadap karet. Mereka adalah masyarakat tepian dan perambah hutan. Mereka hidup dan bergantung pada Hutan Amazone. Banyak ketidakadilan dalam usaha yang dijalani masyrakat sekitar sebagai penyadap karet, mereka selalu terpaksa untuk menjual murah getah karet hasil sadapan selama seharian, diperparah lagi dengan potongan berat timbangan serta hutang-hutang terhadap juragan. Keluarga Chico Mendes merupakan salah satu keluarga penyadap karet, Chico sejak kecil sudah diajarkan ayahnya untuk menyadap karet di tengah hutan. Bahkan Chico sudah diperhadapkan pada ketidakadilan ketika ia melihat seseorang dibakar di muka umum karena melakukan kesalahan terhadap juragan dan ia merasa bingung mengapa ayah serta rekannya membiarkan hal tersebut terjadi.

Karena kekayaan alam yang begitu luas, maka beberapa investor mulai berdatangan untuk menginvestasikan lahan sekitar Cachoeira. Mulai muncul pergerakan sporadis dari serikat pekerja yang dipimpin oleh Wilson Pinheiro, yang kemudian mendapat ancam dari Darli Alves hingga Pinheiro tewas tertembak dan berharap tidak ada lagi pergerakan pekerja untuk memperjuangkan hutan mereka. Lalu Chico Mendes mulai menggantikan posisi Pinheiro dalam mengkoordinir para penyadap karet untuk berjuang tanpa kekerasan, hingga ia menuju Miami, Amerika untuk berpidato di tengah PBB demi menyadarkan setiap lapisan betapa penting hutan bagi mereka. Tidak cukup sampai disitu, Chico kemudian mencalonkan diri sebagai Gubernur, tapi suara yang didapat tidak seberapa karena Chico tidak menjanjikan perubahan yang lebih modern seperti kompetitornya lakukan. Namun tetap ia menjalankan aksi demi kelestarian hutan Amazone, hingga gubernur terpilih dengan perunding handal tidak mampu mencapai keinginan investor saat berhadapan dengan Chico untuk melepaskan hutan Amazone. Gubernur pun meresmikan hutan Amazone sebagai hutan lindung negara Brazil, dan nama Chico Mendes akan terus terkenang karena akhirnya ia ditembak mati oleh seorang suruhan dari Darli Alves.

Analisis

Melihat pergerakan Pinheiro serta Chico Mendes, mereka berpendapat bahwa kerusakan hutan disebabkan oleh manusia yang terus mengeksploitasi alam tanpa pernah puas, bahkan mitos akan Curupira yang akan menerkam melalui jaguarnya terhadap seseorang yang mengambil lebih hasil hutan kental dijaga hingga diceritakan ke anak cucu mereka, agar kelastarian hutan tetap terjaga. Kerusakan hutan mampu dikonstruksikan dengan penebangan dan pembakaran hutan guna adanya lahan untuk industri. Maka dengan demikian dilihat dari pendekatan Social Constructionis, pergerakan Pinheiro serta Chico dilakukan berawal dari Assembling, mereka mencari data yang terkait terhadap kerusakan hutan mereka, baik melalui penebangan atau pun pembakaran liar, mereka mencari tahu siapa dan untuk apa semua itu dilakukan. Tahapan kedua yang dilakukan serikat pekerja ialah Presenting, mereka mencoba menjelaskan pada masyarakat sekitar apa yang sedang terjadi dan apa saja penyebabnya melalui radio, surat kabar bahkan Chico Mendes berpidato di kongres PBB untuk menjelaskan dan menggambarkan keadaan yang terjadi dan berupaya menarik perhatian dunia. Selajuntnya tahapan Contesting, yang keputusan akhirnya kembali pada masyarakat apakah kerusakan hutan Amazone menjadi issu yang dibahas dan begitu penting atau dibiarkan saja terus terjadi. Karena akhirnya Gubernur yang turun tangan langsung bertemu Chico Mendes pun tidak bisa berbuat apa-apa, kepentingan rakyat luas sangat diutamakan, hingga menjadi hutan lindung merupakan usaha yang tidak mudah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: