E-mail

E-mail atau electronic mail sudah pasti tidak asing lagi bagi kita semua. Hampir setiap orang mempunyai e-mail. Setiap hari, jutaan e-mail dikirim melalui internet. Adalah Ray Tomlinson seorang insinyur yang pertama kali mengirim sebuah e-mail pada tahun 1971.

Sebelumnya, pesan atau surat elektronik hanya dapat dikirim dalam satu mesin atau komputer saja. Tetapi, Tomlinson membuktikan bahwa surat elektronik tersebut dapat dikirimkan ke komputer lain melalui jaringan internet. Dengan menggunakan tanda “@” sebagai pembeda antara nama pengirim dengan nama mesinnya.

Pada awalnya, e-mail hanya sebuah surat yang berisikan text dan kemudian dikirimkan kepada penerimanya. Namun, sekarang ini dengan adanya fasilitas untuk menambah pelengkap (attachment), kita bisa menambahkan data tambahan seperti gambar, dokumen, dan lainnya untuk dikirim melalui e-mail.

Untuk dapat melihat e-mail yang kita terima dibutuhkan sebuah e-mail client. Ada beberapa e-mail client yang sudah tidak asing lagi, seperti Microsoft Outlook, Outlokk Express, Eudora, atau Pegasus.

Namun, bagi orang-orang yang berlangganan pada e-mail client seperti Yahoo!, Google, atau Hotmail dapat melihat e-mail yang masuk di web-page tersebut.

Apapun e-mail client yang kita gunakan, biasanya mereka akan menyediakan beberapa hal seperti ini:

  • Menampilkan pesan (message) yang ada dalam kotak masuk (mailbox) kita dengan menampilkan semua header dari message. Header tersebut juga menampilkan siapa yang mengirimkan message tersebut, subjeknya dan juga tanggal waktu pengiriman.
  • Jika kita memilih salah satu header, maka keseluruhan tubuh message akan tampil.
  • Kita juga bisa mengirimkan sebuah message dengan menuliskan subjek dan alamat penerimanya. Kemudian kita bisa menulis keseluruhan message yang ingin kita kirimkan.
  • Kita juga bisa menambahkan attachment pada message yang akan kita kirimkan dan menyimpan attachment yang kita dapat dari message yang kita terima dari orang lain.

Untuk e-mail yang memberikan layanan melalui akses internet atau web-page sering juga disebut dengan web-mail. Ini adalah e-mail yang umum kita kenal, seperti Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, atau AOL Mail.

Keuntungan dari e-mail jenis ini adalah kita bisa melihat kotak masuk (inbox) e-mail kita melalui jaringan internet. Sebaliknya, jika kita tidak terkoneksi dengan jaringan internet, maka kita tidak akan dapat melihat message yang baru atau mengirimkan sebuah message baru.

Dimulai pada tahun 1997, layanan Hotmail diperkenalkan dan langsung menjadi web-mail terpopuler pertama. Setelah kesuksesan Hotmail, Yahoo! mengeluarkan layanan Yahoo! Mail yang terus berkembang dan menjadi sangat terkenal. Pada tahun 2004, Google juga

memperkenalkan layanan Gmail-nya dengan menambahkan beberapa fitur baru yang tidak ada pada web-mail yang lain.

Tidak ada yang bisa mengatakan layanan web-mail mana yang paling bagus. Semuanya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Bahkan Google, Yahoo!, dan Microsoft sendiri tidak berani mengatakan bahwa layanan web-mail mereka adalah yang paling bagus. Tentunya anda punya tanggapan sendiri bukan, tentang layanan web-mail mana yang paling bagus?

dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: