Psikoterapi

Psikoterapi (psychotherapy) adalah pengobatan alam pikiran, atau lebih tepatnya, pengobatan dan perawatan gangguan psikis melalui metode psikologis. Istilah ini mencakup berbagai teknik yang bertujuan untuk membantu individu dalam mengatasi gangguan emosionalnya dengan cara memodifikasi perilaku, pikiran dan emosinya, sehingga individu tersebut mampu mengembangkan dirinya dalam mengatasi masalah psikisnya.

Psikoterapi diberikan oleh psikolog kepada kliennya saat klien tersebut berkonsultasi. Psikoterapi berfungsi untuk menangani masalah atau isu-isu dalam kehidupan klien. Hal ini juga dapat menjadi proses yang mendukung ketika akan melalui periode yang sulit atau stres meningkat, bahkan phobia sekalipun, seperti memulai memasuki perkuliahan, masalah dalam keluarga atau phobia terhadap sesuatu ( seperti ketinggian dan ketakutan terhadap binatang tertentu).

Menurut Carl Jung, psikoterapi telah melampaui asal-usul medisnya dan tidak lagi merupakan suatu metode perawatan orang sakit. Psikoterapi kini juga digunakan untuk orang sehat atau pada mereka yang mempunyai hak atas kesehatan psikis yang penderitaannya menyiksa kita semua. Menurut pendapat Jung ini, bangunan psikoterapi selain digunakan untuk fungsi kuratif (penyembuhan), juga berfungsi preventif (pencegahan), dan konstruktif (pemeliharan dan pengembangan jiwa yang sehat).

Psikoterapi dapat berupa terapi humanistik (mendukung betapa agungnya manusia ini, betapa berharganya manusia ini dan beraktulisasi diri), terapi dapat berupa terapi dari frued seperti psikoanalisa yang berupa analisa mimpi dan asosiasi bebas, terapi behavioristik (punisment and reward).
untuk mengubah kebiasaan hidup atau trauma memang lebih bagus menggunakan hipnoterapi atau terapi zaman modern yang sedang berkembang untuk saat ini. Terapi juga bertujuan untuk mengubah mindset dan menggali alam bawah sadar menjadi sadar.

Psikoterapi sangat berguna untuk:
1. Membantu penderita dalam memahami dirinya, mengetahui sumber-sumber psikopatologi dan kesulitan penyesuaian diri, memberi perspektif masa depan yang lebih cerah.
2. Membantu penderita mendiagnosis bentuk-bentuk psikopatologi, dan
3. Membantu penderita menentukan langkah-langkah praktis dan pelaksanaan pengobatannya.

Atkinson mengemukakan enam teknik psikoterapi yang digunakan oleh para psikiater atau psikolog, antara lain :
• Teknik Terapi Psikoanalisa
• Teknik Terapi Perilaku
• Teknik Terapi Kognitif Perilaku
• Tenik Terapi Humanistik
• Teknik Terapi Eklektik atau Integratif
• Teknik Terapi Kelompok dan Keluarga

Sumber :
http://belajarpsikologi.com/sebuah-pengantar-psikoterapi/
http://www.scribd.com/doc/54765094/pengertian-psikoterapi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: